image1 image2 image3

HELLO I'M RISDA C UTAMI|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|THE STORY OF MY LIFE

DO’s and DON’Ts buat kalian Generasi-Y hingga Z



    Kemarin saya pergi mengunjungi sekolah SMA saat saya sekolah dulu dan rasanya kangen yah beraktifitas belajar kemudian bermimpi tinggi akan cita-cita dan menyimpan harapan-harapan keren dimasa depan. Ya .. rasanya ketika masuk ke sekolah itu hawa nya kaya gitu, mungkin di tambah drama bumbu-bumbu cinta naksir yang ganteng , cantik atau yang paling keren di sekolah.

    Tapi setelah flash back mengenai hal tersebut, rasanya saya berfikir bahwa saya telah buat suatu kesalahan saat saya masih SMA. Entah ini merupakan pemikiran pribadi saya atas kelakuan apa yang saya lakukan pada masa putih-abu ini. Jadi setidaknya disini saya akan mengulas DO’s and DON’Ts saat kita masih SMA. Mungkin bagi pembaca yang kesasar disini yang umurnya udah lewat dari masa SMA mikir ngapain sih baca ini udah lalu-lalu yaa bener juga sih hahaha… Tapi ga ada salahnya selagi kalian masih punya sodara yang masih SMA atau akan SMA ya buat di kasih tau,  Atukah mungkin saat ini ada pembaca yang lagi-lagi kesasar Merasa dirinya masih SMA. So kita langsung aja membahas DO’s and DON’Ts nya versi saya  bukan versi on the spot pastinya 

DO …

1.       Jatuh Cintalah pada dirimu

Wahai engkau para remaja yang kesasar dalam blog ini.. Ingatlah pada  masa putih-abu ini adalah masa engkau mulai mencintai dirimu, kagumi semua yang ada pada dirimu .. ini bisa kepintaran mu, wajah keren mu, badan mu atau bahkan sifat-sifat terpuji mu..

Biarkan diri mu jatuh cinta pada sesuatu. Jatuh cinta dengan wajah, tubuh, jiwa. Kenapa karena pada masa ini kalian harus bisa memupuk kepercayaan diri kalian. Diawali dengan berpakaian rapih dan baik, merawat wajah dan badan dengan baik, jaga kesehatan, jaga pola makan yang baik dan  apa pun hal-hal kecil yang dapat menimbulkan rasa percaya diri.

Do …

2.       Poles dan buatlah bersinar

Wahai engkau para remaja yang kesasar dalam blog ini.. ingatlah  jatuh cinta pada dirimu saja tentu tidak cukup. Mulai lah jatuh cinta pada sesuatu hal yang dapat memoles mu dan membuat mu bersinar. Gagal paham kan?

Jadi gini , kalo kamu itu jatuh cinta dengan  cantiknya dirimu usahakan untuk memiliki hobi yang menambah kecantikan mu seperti hobi olahraga, hobi merawat kulit menggunakan bahan alami, atau hobi membuat makanan sehat. Terus .. maanfaatnya kamu bisa tampil lebih cantik plus kegiatan beauty list kamu bisa kamu buatkan vlog maupun blognya ..

Atau contoh ke Dua, Bagi kamu yang nerd tapi kamu jatuh cinta dengan memori otak mu so .. poles terus rasa cinta mu itu dengan hobi mengoleksi buku, ikut perlombaan adu kepintaran, hobi berkreasi atau menciptakan sesuatu apa pun itu. Misal, karena hobi mengoding akhirnya membuat template blog atau sistem notifikasi belajar buatan sendiri .. ya banyak hal tak perlu saya sebut satu-satu yaah contohnya.

Yang penting rasa cinta mu terhadap dirimu selalu di poles selalu di jaga. Terus gimana nih buat yang merasa midle .. cantik engga pinter engga, balik lagi di point pertama cari terus apa yang ada di dirimu yang membuat kamu jatuh cinta pada dirimu. Mau se-aneh apa pun itu jika kau poles dengan benar dan baik akan jadi bersinar .. ini serius kamu bisa baca kisah aktor Mr. Bean yang memiliki kekurangan namun dia yakin dan cinta pada dirinya bahwa kekurangannya malah akan membawanya sukses dan itu terbukti jadi ini bukan dongeng yah hai generasi-Y..

Do …

3.       Banyaklah membaca

Wahai engkau para remaja yang kesasar dalam blog ini.. ingatlah  untuk terus membaca dan menambah referensi ilmu apapun itu di dalam otak kita, tentunya harus yang relevan yah dengan hobi atau hal yang kamu cintai karena kalo engga malah males bacanya..

Yang jatuh cinta akan kecantikan, seringlah browser baca tetang merawat wajah, badan, jiwa agar terlihat cantik. Bagi yang jatuh cinta akan sifat humoris kamu, seringlah membaca cerita lucu kemudian baca juga cara berkomunikasi dengan baik di depan banyak orang agar humor humor kamu tersampaikan dengan menarik.

Intinya bacalah buku yang sesuai dengan rasa jatuh cintamu dan hobi mu. Manfaatkanlah Google ini dengan baik wahai generasi-Y.. jadi mulai dari sekarang browsing dan baca hal bermanfaat yang bisa membuat mu berbeda dan jadi remaja yang berkualitas.

Do…

4.       Buang masalah yang ga penting

Wahai engkau para remaja yang kesasar dalam blog ini.. ingatlah  jangan terlalu berlebihan memikirkan masalah yang ga akan bikin dirimu berkembang, kaya masalah pacaran.. gossip-gossip sekolah.. bullying jangan di bawa pusing sampai kamu ga makan, ga tidur, nangis sehari semalam.. haii kawan hal itu tak akan membuat dunia kiamat.. so hadapi dengan sewajarnya.

Seperti cintai pacar ya jangan berlebihan kalian masih remaja kok.. putus juga masih sanggup jatuh cinta lagi jangan lebay pokonya. Nikmati masa remaja mu dengan hal yang bermanfaat ngapain terlalu fokus ngurusin pacar, untuk mikirin kuliah saja mungkin masih bingung, mikirin kerjaan masih bingung… apalagi mimpi nikah sama doi… kalian masih belasan kawan, yang umur puluhan saja masih ada yang berfikir keras untuk menikah… hahaha *curcol.. balik ke topik So fokus tuh harus ke hal yang jelas berdampak pada dirimu ingat point pertama “Love your self”.

Hai generasi-Y janganlah kalian terjebak dari pemikiran dan masalah yang ga penting sangat ga penting. Pilah pilih lah mana masalah receh mana masalah dollar yah.. dengan kata lain mana yang menguntungkan mana yang merugikan. Kasian memory otak kalo harus tersimpan kenangan menyedihakan atau masalah recehan.. alright!

Do..

5. Gunakan Harimu

Wahai engkau para remaja yang kesasar dalam blog ini.. ingatlah  Gunakan harimu Keluar dari tempat tidur lebih awal pada hari Sabtu dan pergi dan lakukan sesuatu. Habiskan sedikit waktu luang dan lebih banyak waktu berenang atau piknik di suatu tempat. Naiki gunung di tengah hujan dan tutup dirimu dengan bermain lumpur. Keluarlah, berfoto bersama teman kalian. Masak kue dengan lapisan gula   dan berikan kepada teman-teman. Habiskan sedikit waktu di handphone pada pagi hari dan berbaringlah di bawah sinar matahari.

Ini serius, masa muda remaja tak akan pernah terulang maka lakukan kegiatan diluar sana datangi tempat yang menarik buat sesuatu yang bisa kalian share di lingkungan kalian. Jangan lupa bantu pekerjaan rumah untuk membakar lemak-lemak mu yah sekalian bantu orang tua, tak ada salahnya kan generasi-Y.. habiskan waktu mu dengan aktifitas diluar lupakan lah dulu handphone mu ingat jangan nunduk terus yaa!


Do…

6. Atur keuanganmu

Wahai engkau para remaja yang kesasar dalam blog ini.. ingatlah perlakukan uang dengan sebaiknya mulai dari dini untuk belajar membagi kebutuhan mana yang primer mana yang skunder. Mulai belajar menabung bisa di awali dengan menyisihkan Rp. 5000/hari mungkin sesuaikan dengan keuangan harian atau bulanan kalian. Kumpulkan dalam satu tempat ketika uang berlipat setiap harinya minta kepada orang tua mu untuk dibukakan tabungan di bank, disini kalian akan belajar bagaimana untuk menyetor tabungan bagaimana menggunakan ATM, Mobile Bank bahkan mungkin nanti kalian akan tertarik dengan istilah investasi. Selain itu mulailah belajar untuk menyimpannya sebagai modal berdagang kecil-kecilan  atau kalian gunakan untuk keperluan hobi kalian, pokonya selalu ingat untuk menabung dan berbagi. Ingat ini tujuannya untuk membiasakan diri saat dewasa kelak.

Do…

7. Be Grateful 

Wahai engkau para remaja yang kesasar dalam blog ini.. ingatlah Bersyukurlah atas apa yang telah kamu lakukan dengan hidup kamu sejauh ini. Bersyukurlah untuk teman-temanmu. Lihatlah masa depan kamu dan kenali hal-hal yang membingungkan dengan terus membaca, belajar, dan terus cintai diri sendiri.

Bersenang-senang dan mengetahui bahwa topan kehidupan akan selamanya mengambil sesuatu dan melemparkannya ke tempat lain, tak perlu di ambil pusing syukuri setiap kali melewati masalah, ciptakan kisah remaja mu yang sangat menyenangkan dan kelak saat kamu dewasa rasa syukur mu akan bertambah karena kamu sadar bahwa masa remaja mu masa remaja yang bekualitas. Dan kamu lagi-lagi bersyukur karena kamu siap melangkah kemasa young-adult.


   Do’s dan Don’ts di atas banyak yang terlewat oleh saya, menyesal ada dan  manusiawi.. tapi saya ubah penyesalan tersebut melalui tulisan ini. Ya mungkin pada tulisan ini ada yang berfikir terlalu lebay atau mungkin terlalu kurang.. ambil pemikiran baiknya bila ada pemikiran saya yang terlalu menyesatkan bisa komen di bawah, mungkin ada pendapat dan pemikiran kalian bagaimana sih seharusnya melewati masa remaja ini ??? … 

    Agar generasi selanjutnya yang nyasar ke sini bisa menjalani masa remaja yang bahagia, menyenangkan sekaligus berkualitas .. Tambahkan saja di kolom komentar ^_^ !


Share this:

CONVERSATION

1 komentar: