image1 image2 image3

HELLO I'M RISDA C UTAMI|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|THE STORY OF MY LIFE

Mrs. Mood Swing


Kadang kalanya kita mengalami kondisi dimana kita bisa tertawa terbahak-bahak di siang hari dan taklama kemudian kita menangis tersedu karena kemalangan hidup kita. Terkadang pula emosi yang dialami dalam satu hari itu seolah di mix tercampur aduk. Tak jelas apakah hari itu kita bahagia atau kita bersedih. Yaa.. mungkin semua orang pernah mengalami yang namanya  Mood Swing dan biasanya yang sering mengalami hal ini adalah jajaran para wanita.. Maka akan saya panggil kondisi ini dengan sebutan Mrs.  Mood Swing


Jadi, sebenarnya apa sih mood swing  ini? 


Menurut penafsiran dari kata Mood Swing ini berarti perubahan emosi yang sangat cepat, ya .. bayangkan saja sebuah ayunan kadang kala kamu berada di posisi tertinggi dan kemudian berpindah secara cepat keposisi terendah kemudan balik lagi ke posisi tertinggi. Kalau kita ubah itu kedalam kondisi mood dimana kamu bisa marah/benci dan seketika kamu berubah menjadi baik hati namun tak lama kemudian kamu menjadi kejam kembali .. ooh sungguh keterlaluan bukan Mrs Mood Swing ini. Terlihat seperti manusia labil bukan?

Pada dasarnya, suasana hati adalah kondisi psikologis dasar sebagai reaksi tubuh terhadap lingkungan atau situasi tertentu. Terkadang, luapan emosional ini (baik atau buruk) bisa tampak berlebihan mengalahkan kepentingan rangsangan tersebut.


Mrs  Mood Swing ini bisa sangat berguna bila kondisi perubahan suasana hati dari yang sangat negatif seperti rasa sedih berubah menuju kondisi suasana hati yang positif berupa kebahagiaan atau kenyamanan. Secara beruntung kamu tidak perlu berlarut larut akan kegalauan kehidupan mu karena Mrs Mood Swing mu telah membantu. Namun, ketika perubahan suasana hati yang sangat kuat kemudian mengganggu kehidupan kamu dengan lingkungan, Mrs Mood Swing  yang kamu miliki mungkin merupakan bagian utama dari gangguan bipolar.


Durasi Mrs  Mood Swing mempengaruhi diri kita secara bervariasi. Mrs  Mood Swing mungkin bertahan beberapa jam (ultrarapid) atau memperpanjang selama beberapa hari (ultradian). Menurut ahli jika suasana hati bertahan  empat hari disebut dengan hipomania, atau tujuh hari  disebut mania bila hal tersebut terjadi itu merupakan diagnosis gangguan bipolar. Dalam kondisi mania diklarifikasikan kedalam beberapa tipikal :

  • Perubahan mood yang moderat-banyak sepanjang hari, dapat bervariasi dari mood yang meningkat hingga kemarahan hingga kesedihan dalam beberapa jam; Perubahan mood jelas tidak sesuai dengan keadaan dan menyebabkan gangguan fungsi.
  • Suasana hati yang sangat cepat berubah hampir setiap saat, dengan intensitas suasana hati sangat tidak proporsional dengan keadaan.
  • Variabilitas yang konstan, eksplosif dalam mood, beberapa perubahan mood terjadi dalam beberapa menit, sulit untuk mengidentifikasi suasana hati tertentu, perubahan dalam suasana hati secara radikal tidak proporsional dengan keadaan.

Untuk mengetahui apakah Mrs  Mood Swing yang kamu miliki termasuk kedalam gangguan bipolar atau bukan hal tersebut dapat kita ketahui dengan perhitungan Kiddie-Mania Rating Scale (K-MRS). namun kita tak akan membahas K-MRS. oke Next ..

Jadi Mrs  Mood 
Swing ini tidak merubah kamu menjadi bipolar kalau perubahan suasana hati tidak mengganggu hidup kamu. Oke kita ambil contoh ...


Jika kamu sedikit kecewa, tapi kamu masih bisa mulai bekerja. kamu masih bisa melihat teman mu, kamu tetap bisa pergi ke bioskop, kamu tetap bisa makan malam dan kamu tetap bisa merawat anak-anak mu. Maka perubahan suasana hati tersebut dalam batas normal.


Bila seseorang memiliki gangguan bipolar, perubahan suasana hati sedemikian rupa berbeda sehingga mengganggu kehidupan kamu. Dimana kamu bisa begitu tertekan sehingga kamu tidak bisa bangun dari tempat tidur. Kamu bisa begitu tertekan sehingga kamu tidak ingin hidup. Terdengar lebay bukan??


Kamu bisa begitu maniak sehingga kamu menghabiskan uang keluarga dan berhutang. Kamu bisa sangat maniak sehingga kamu terlibat dalam pertengkaran dengan orang-orang di jalan dan bisa ditangkap.


Jadi sebenarnya ada perbedaan dramatis dalam perubahan suasana hati pada orang biasa dan orang-orang dengan gangguan bipolar.

Gimna paham sekarang???

Oke.. sebenarnya apa sih penyebab Mrs  Mood 
Swing ini hadir ???


Salah satu kemungkinan penyebab perubahan suasana hati adalah ketidakseimbangan dalam kimia otak yang berhubungan dengan pengaturan suasana hati dan perubahan hormon yang dihasilkan tubuh, tergantung pada banyak faktor berbeda. Apa saja faktor yang mungkin berperan?

  • Cuaca: Sinar matahari dapat mempengaruhi otak kita hampir langsung melalui bagian terluar tengkorak dan bagian lain dari otak untuk memicu produksi endorfin yang merupakan hormon “mood baik”, yang membuat kita merasa senang dan bahagia. Kurangnya paparan sinar matahari, misal saat cuaca mendung berangin dan hujan, membuat tubuh kekurangan banyak endorfin, menyebabkan banyak orang mengalami ‘SAD’ — Seasonal Affective Disorder —, yang merupakan ketergantungan berlebihan terhadap cuaca untuk mengatur suasana hati kita.
  • Makanan: Makanan dapat memiliki berbagai efek berbeda pada tubuh kita. Tidak hanya menyediakan kita dengan energi, makanan juga mencukupi asupan bahan kimia dalam otak, seperti dopamin. Dopamin adalah pusat reward dalam otak yang diproduksi setelah berhubungan seks atau saat kita melahap makanan saat lapar, untuk mendorong kita mengulang perilaku ini.
  • Sistem imun: Sistem kekebalan tubuh juga bisa memainkan peran naik turunnya mood kita. Saat kita sakit, hal ini bisa membuat tubuh kita merasa tertekan dan akhirnya juga mempengaruhi mood kita.
  • Pubertas, Pre Menstrual Syndrome (PMS), atau menopause: perubahan mood bisa terkait dengan naik turunnya kadar hormon tubuh, khususnya estrogen, sepanjang siklus menstruasi. Estrogen mulai naik secara perlahan setelah siklus menstruasi berakhir, kemudian mencapai puncaknya dua minggu kemudian. Setelah itu, kadar estrogen dalam tubuh mulai menurun tajam sebelum mulai naik perlahan dan turun lagi menjelang siklus baru dimulai.
Selain dari kondisi di atas, Mrs Mood Swing juga bisa disebabkan oleh kondisi medis yang secara langsung mempengaruhi sistem saraf pusat, seperti demensia, tumor otakmeningitisstroke, dan penyalahgunaan narkotika. Perubahan suasana hati juga dapat hasil dari kondisi yang merampas nutrisi dan oksigen dalam otak, seperti trauma kepalapenyakit paru, dan kardiovaskular. Ketika produksi neurotransmitter dalam otak, seperti serotonin, GABA, dopamin, dan norepenephrine terpengaruh, hasilnya adalah perubahan mood. Seseorang bisa secara bergantian mengalami berbagai perasaan, seperti depresi, kecemasan, kebahagiaan, stres, dan ketakutan. Jika Mrs Swing Mood datang mendadak, tidak bisa dikendalikan, sangat tidak rasional, atau menunjukkan kecenderungan perilaku bunuh diri, segera dapatkan bantuan medis.

Apasih yang harus kita lakukan untuk menangani Mrs Mood Swing?
Bila suasana hati kamu ini bergoyang dan menghalangi pekerjaan kamu, hubungan kamu, atau bagian lain dari kehidupan kamu. Buatlah perubahan sederhana yang dapat membantu kamu mengatasi perubahan suasana hati yang ringan, tidak nyaman, menyebalkan (kepada kamu sendiri atau orang lain) dengan cara sebagai berikut :
  • Olahraga teratur - bahkan berjalan-jalan sehari-hari  dapat membantu menghilangkan depresi dan kegelisahan, karena akan memicu tubuh  kamu untuk membuat endorfin yang terasa baik. Plus, olahraga bisa memperbaiki tidur mu.
  • Mendengarkan musik yang optimis bisa mempengaruhi mood kamu dengan cara yang baik.
  • Terlalu banyak kafein bisa memberi kamu gejala yang mirip dengan kegelisahan, jadi cobalah mengurangi dan melihat apakah tingkat emosi kamu turun.
  • Terapi perilaku kognitif adalah kamu akan dibantu mengubah pola pikir dan perilaku yang terhadap masalah dalam hidup mu. Bagaimana kamu memandang sebuah masalah yang kamu miliki merupakan proses kehidupan kamu ke arah yang lebih baik.
  • Terapi perilaku dialektik dapat membantu orang dengan gangguan kepribadian  ganda dimana belajar bagaimana mengendalikan kemarahan dan dorongan mereka dengan lebih baik dan mengatur perubahan mood dramatis mereka.

Kesimpulannya sebenarnya keberadaaan Mrs Mood Swing di hidupmu itu adalah kondisi yang sangat normal. Namun hal tersebut dapat berubah sangat membahayakan bila Mrs Mood Swing yang kita miliki dapat mengganggu kehidupan kita. Menjadi pribadi yang hidup sehat secara jiwa dan pikiran merupakan cara tepat keluar dari kondisi Mrs Mood Swing yang merugikan. Berfikirlah bahwa kondisi yang mengecewakan adalah proses menempa besi menjadi lebih kuat alias menempa diri kita menjadi lebih kuat. Dan berbesar hatilah karena kamu bukan satu-satunya mahluk yang diciptakan paling menderita di bumi ini maupun yang diciptakan paling bahagia di muka bumi ini. Teruslah berfikir postif, karena manisnya hidup kita yang tentukan, bukan?



reference :

https://en.wikipedia.org/wiki/Mood_swing
http://www.webmd.com/bipolar-disorder/are-my-mood-swings-normal
https://hellosehat.com/mood-swing-moody-gejala-gangguan-mental/
 

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar